MONITORING LAMA WAKTU PARKIR MOTOR BERBASIS WEB

ABSTRAK: Penggunaan  sepeda  motor  yang  semakin  banyak  menyebabkan  beberapa permasalahan. Permasalahan yang muncul akibat banyaknya penggunaan sepeda motor, salah satunya adalah dalam hal perparkiran, dimana tidak teraturnya penempatan parkir sepeda motor, dan durasi parkir yang tidak menentu, sehingga membuat tidak effisennya tempat parkir yang disediakan. Pada penelitian ini dilakukan perancangan monitoring lama waktu parkir motor berbasis web.
Perancangan sistem ini meggunakan sensor inframerah sebagai proses pembacaan sepeda motor, arduino mega 2560 sebagai pengendali. Proses pengiriman data dari sensor ke komputer menggunakan modul ethernet shield. Untuk hasil dari pembacaaan sensor akan ditampilkan didalam sebuah web, data yang akan disimpan dan ditampilkan di web dalam bentuk nilai sensor, waktu masuk motor, durasi, status. Data hasil pembacaan sensor akan disimpan pada sebuah database.
Hasil dari penelitian ini yaitu hasil pembacaan yang dilakukan oleh sensor inframerah telah didefinisikan sebagai sepeda motor. Hasil pembacaan  sensor inframerah  dapat dimonitoring didalam web localhost, dengan memberikan informasi kondisi, durasi, dan status parkir motor kepada penjaga parkir, durasi parkir yang telah dilakukan dalam pengujian yaitu 10 menit s/d 35 menit. Informasi parkir yang didapatkan secara realtime. Hasil pembacaan oleh sensor inframerah akan disimpan didalam database MySQL.
Kata kunci: Sensor inframerah, web, parkir motor, arduino mega, monitoring
Penulis: M. Fahrul Reza, Mushlihudin, Anton Yudhana
Kode Jurnal: jptkomputerdd170084

Artikel Terkait :