Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Negeri I Bitung, Kelas VI)

Abstract: Multimedia adalah suatu konsep teknologi untuk menyajikan informasi, yang terdiri dari gabungan gambar, suara, animasi dan video. Perkembangan multimedia saat ini telah banyak digunakan dalam lingkup usaha, pendidikan, maupun instansi pemerintahan. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang mempermudah interaksi pendidik dengan siswa dalm proses belajar mengajar.
Sistem pembelajaran yang saat ini digunakan pada sekolah dasar masih menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal tersebut dirasa kurang menarik minat dan pemahaman siswa dalam menangkap materi pembelajaran disekolah.
Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia merupakan aplikasi multimedia yang berjalan dengan bantuan komputer yang dibangun untuk membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar. Aplikasi dibuat menggunakan software Adobe Flash CS5 dan bahasa Action Script. Metodologi penelitian yang digunakan mengadaptasi metodologi pengembangan sistem versi Luther-Sutopo dengan tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution.
Berdasarkan analisa pengembangan sistem menggunakan metodologi Luther-Sutopo tersebut dihasilkan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia yang berisi materi-materi dan soal latihan berdasarkan standar kompentensi kurikulum yang  berjalan dengan batasan materi untuk pelajaran IPA kelas VI SD.
Kata Kunci: Adobe Flash CS5, Aplikasi Pembelajaran, Interaktif, Metodologi Luther-Sutopo, Multimedia
Penulis: Mudiyanto Setiawan, Arie S.M. Lumenta, Virginia Tulenan
Kode Jurnal: jptkomputerdd160177

Artikel Terkait :