APLIKASI MIKROKONTROLER AT89S51 PADA PENGATURAN SUHU BAK PENAMPUNGAN AIR KAMAR MANDI DIDUKUNG BAHAS PEMROGRAMAN ASSEMBLER

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengontrol shower serta pengisian bak penampungan menggunakan sensor suhu sebagai sensor dan mikrokontroler sebagaipengendali proses. Manfa’at yang didapat dari sistem pengontrolan shower ini adalah mengefektifkan penggunaan air untuk mandi, efisiensi waktu dalam kegiatan mandi danpengurangan tenaga manusia dalam proses mandi.
Penelitian ini dilakukan dengan merancang, membuat dan mengimplementasikan komponen – komponen sistem yang meliputi mikorokontroler sebagai pengendali proses, sensor suhu sebagai media pendeteksi, element sebagai pemanas dan pompa air untuk memompakan air.
Hasil penelitian menunujukkan alat yang dibuat dapat berfungsi dengan baik dan dapat dikembangkan untuk skala yang lebih besar.
Kata Kunci: pengontrolan shower serta pengisian bak penampungan, mikrokontroler, sensor suhu, element pemanas, pompa air
Penulis: Feri Oktavianus, Eka Sabna
Kode Jurnal: jptkomputerdd120256

Artikel Terkait :