APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Abstrak: Tujuan adanya
diciptakannya aplikasi ini adalaha untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut,
yaitu membuat aplikasi pembelajaran tentang pengenalan perangkat jaringan
komputerbeserta topologi jaringannya dengan menggunakan teknologi Augmented
Reality, agar dapatmemberikan nuansa baru dan dapat mengurangi rasa bosen dalam
belajar. Aplikasi yang diberinama “PengajAR” adalah teknologi yang dapat
menvisualisasikan gambar 3 dimensi kedalam virtual reality (penglihatan
virtual). Marker yang terdapat pada masing masing perangkat bergambar akan
ditangkap oleh kamera mobile device yang kemudian diproses untuk menampilkan
animasi 3D modeling pada layar secara realtime. PengajAR menyajikan pengetahuan
tentang fungsi perangkat jaringan seperti Router, Hub, Lan Tester, Access
Point, karakteristik topologi Star, Mesh, Ring, dan Bus, selain itu aplikasi
PengajAR menyediakan fitur Kuis untuk latihan soal seputar materi dasar perangkat
jaringan komputer, dan dilengkapi dengan fitur Minigame yang memberikan latihan
cara merancang model jaringan kabel dan wireless, serta terdapat fitur setting
nomor IP (Internet Protocol). Pengujian yang dilakukan adalah dengan
menggunakan metode Study Field,didemonstrasikan langsung ke siswa SMK (end
user) yang akan mencoba aplikasi ini, Para siswasiswi diberikan beberapa tugas
untuk merancang jaringan, dan diakhir acara siswa-siswi diminta untuk mengisi
kuisioner sebagai penilaian atas perangkat lunak yang telah mereka gunakan.
Hasil luaran yang diharapkan dari kontribusi media pembelajaran ini adalah
dapat membantu mereview materi sebesar 40 % yang telah diajarkan oleh guru, serta
membantu untuk memvisualisasikan cara kerja topologi jaringan komputer sebesar
45%, dan secara keseluruhan aplikasi ini sangat sesuai dengan materi komputer
dan jaringan.
Penulis: Sigit Wasista,
Setiawardhana, Ahmad Yusuf Ardiansyah
Kode Jurnal: jptkomputerdd160128