Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK
Abstrak: Augmented Reality
adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi ke
dalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi lalu memproyeksikan benda-benda mayatersebut
dalam waktu nyata. Anak usia 5 sampai 7 tahun mengalami masa keemasan yang merupakan
masa dimana anak mulai peka untuk menerima rangsangan, sehingga anak mudah sekali
menerima hal-hal yang dianggap baru dan menarik, pada usia ini juga penting
sekaliuntuk mengajarkan anak-anak mengenai mahluk hidup yang berada disekitar
mereka seperticontohnya mengenalkan jenis-jenis binatang. Media yang mengangkat
tema pengenalan binatang bagi Siswa TK seperti buku berisi gambar-gambar
binatang 2 dimensi belum begitu mampu menarik minat anak-anak untuk mau
mengenali jenis-jenis binatang. Aplikasi Augmented Reality Magic Book
Pengenalan Binatang untuk Siswa TK dikembangkan berbasis Android dengan
menggunakan Marker yang telah teridentifikasi objek 3 dimensi binatang, sertasuara
dan informasi dari binatang tersebut, dengan menggunakan Teknologi Augmented Reality.
Pengenalan jenis-jenis binatang kepada anak menjadi lebih mudah dan menarik
karena aplikasi ini dapat menampilkan objek 3 dimensi dari binatang beserta
suaranya, dan penyajiannya lebih inovatif dengan menggunakan Smartphone.
Penulis: I Dewa Gede Wahya
Dhiyatmika
Kode Jurnal: jptkomputerdd150353