Analisis Penerapan Project Management Information System (PMIS) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus PT. INDOSAT, Tbk

Abstract: Project Management Information System (PMIS) adalah suatu sistem alat dan teknik yang digunakan dalam manajemen proyek untuk menyampaikan informasi. PMIS digunakan untuk membandingkan baseline dengan actual project dari setiap kegiatan, mengelola material dan merecord catatan untuk tujuan pelaporan. PMIS digunakan untuk menggantikan pekerjaan proyek yang selama ini dilakukan secara manual. Masalahnya adalah apakah Project Management Information System yang telah diimplementasikan sekarang ini dapat memenuhi harapan dari Project Implementator ? Apakah PMIS ini dapat membantu mempercepat pekerjaan proyek ?
Kendala-kendala selama ini sewaktu melakukan pekerjaan dokumen project adalah delay dalam hal pengumpulan hasil uji terima yang disebabkan oleh jarak pengiriman, banyaknya dokumen yang harus diproses dalam waktu bersamaan, banyaknya lembaran dokumen yang harus melalui proses approval dan inisiasi pejabat terkait, sehingga membutuhkan waktu dan effort yang tidak sedikit. Semua dokumen tersebut dikerjakan secara manual, baik dalam penyusunan maupun pemeriksaan awal. Permasalahan yang terkandung didalam pertanyaan diatas adalah object penelitian yang diharapkan dapat memberikan jawaban. Penelitian dilakukan dengan melakukan survey kepada pemakai PMIS yang sebelumnya menggunakan sistem secara manual. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penggunaan model TAM didasarkan pada kenyataan bahwa sejauh ini TAM merupakan sebuah konsep yang dianggap paling baik dalam menjelaskan perilaku user terhadap sistem teknologi informasi baru. Populasi dalam penelitian ini adalah vendor-vendor yang terkait, staf admin project dan project Manager. Analisa dilakukan dengan SEM (Structural Equation Modelling) dengan software AMOS (Analysis of Moment Structures) version 6.0.
Keywords: Project Management Information System; Technology Acceptance Model; Structural Equation Modelling
Penulis: Rizal
Kode Jurnal: jptkomputerdd140332

Artikel Terkait :