Analisa dan Implementasi Network Intrusion Prevention System di Jaringan Universitas Sam Ratulangi

Abstract: Sistem keamanan jaringan menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga sebuah jaringan, serangan yang bisa mengganggu bahkan merusak sistem koneksi antar perangkat yang terhubung akan sangat merugikan. Untuk mendapatkan keamanan dalam sebuah jaringan terkadang kita harus merasakan ketidaknyamanan dalam penggunaannya, hal inilah yang seringkali menjadi pertimbangan dalam penerapan sebuah sistem keamanan jaringan.
Metode NIPS (Network Intrusion Prevention System) mampu mendeteksi serangan dan melakukan Drop pada serangan. Melakukan penerapan pada sistem operasi Linux menggunakan Snort dalam mode inline dan mampu mencegah dari serangan yang dapat mengancam.
Konfigurasi sistem dibangun dalam jaringan local Universitas Sam Ratulangi  yang dirancang untuk merepresentasikan pengujian. Hasil analisis dari setiap pengujian yang dilakukan menyimpulkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh penyerang terhadap jaringan dapat diketahui dan dicegah, sehingga dapat dilakukan penanganan sebelum terjadi kerusakan lebih luas.
Kata Kunci:  Keamanan Jaringan, Network Intrusion Prevention System, Denial of Service, Linux, Snort
Penulis: Mohamad N.H. Monoarfa, Xaverius B.N. Najoan, Alicia A.E. Sinsuw
Kode Jurnal: jptkomputerdd160186

Artikel Terkait :