SISTEM REKOMENDASI COLLABORATIVE UNTUK PENYEWAAN DVD ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN ITEM TO ITEM SIMILARITY MAPPINGS

Abstract: Film merupakan salah satu sarana hiburan yang disukai banyak orang. Namun sayangnya banyak orang yang memiliki waktu yang sangat terbatas. Masalah lain yang timbul adalah seorang pelanggan terkadang merasa bingung dalam menentukan film film yang akan disewa. Maka dari itu dibuat suatu website yang menyediakan fasilitas rekomendasi film untuk pelanggan, sehingga pelanggan mendapatkan refrensi untuk menentukan film film yang akan disewa dan bisa memesan melalui internet.
Terdapat berbagai macam cara / algoritma yang dapat digunakan dalam pemberian rekomendasi kepada pelanggan. Algoritma yang digunakan dalam pembangunan tugas akhir ini bernama Collaborative Recommendations Using Item to Item Similarity Mappings. Kata “Similarity”  pada  nama algoritma  mengacu  pada tabel  yang  akan  dibentuk  yang  memetakan pasangan pasangan film yang ada dalam database, beserta nilai kemiripan pasangan film tersebut. Pelanggan akan diberikan rekomendasi film berdasarkan film film yang disukai oleh pelanggan tersebut. Kemudian akan dicari film film lain yang memiliki kemiripan dengan film film yang disukai pelanggan. Film hasil pencarian tersebut siap dijadikan sebagai bahan rekomendasi untuk pelanggan yang bersangkutan.
Website akan dikembangkan dengan menggunakan ASP.NET, dengan bahasa VB.NET sebagai front end. SQL Server akan digunakan sebagai back end, yang menyimpan data data website. DTS yang merupakan salah satu fasilitas pada SQL Server akan digunakan sebagai alat pembentuk tabel similar items yang dijadikan dasar dalam pemberian rekomendasi.
Kata Kunci: Web Server, Algoritma Collaborative Recommendations, Item Similarity Mappings
Penulis: Rocky Limandauw
Kode Jurnal: jptinformatikadd150948

Artikel Terkait :