RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENCARIAN BENDA HILANG “Lost And Found” BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (Studi Kasus: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya)

Abstrak: Kehilangan barang-barang pribadi di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan hal yang sudah sering terjadi. Sebagian besar mahasiswa yang kehilangan cenderung membuat pengumuman dengan menempelkan info kehilangan di tembok-tembok. Penulis merasa dengan menempelkan info kehilangan di tembok-tembok tersebut kurang efektif, karena orang yang melihat belum tentu mempedulikan mengenai info kehilangan tersebut. Terlebih, pengumuman kehilangan tersebut hanya akan mengotori tembok dan menggangu pemandangan di lingkungan Universitas Negeri Surabaya.
Analisis Sistem ini dilakukan menggunakan konsep waterfall yang menguji setiap bagian, apabila telah memenuhi persyaratan maka bisa lanjut ke bagian berikutnya. Bagian-bagian ini di mulai dari analisis sistem saat ini, analisis proses bisnis baru, implementasi, pengujian, dan terakhir kesimpulan. Bagian yang pertama, analisis sistem saat ini yaitu suatu definisi persyaratan pelayanan, batasan, dan tujuan sistem ditentukan melalui konsultasi dengan user. Kedua, analisis proses bisnis baru yaitu User Requirement artinya yang berfokus pada user. Sedangkan, Sistem Requirement artinya untuk mengetahui kebutuhan user terhadap sistem, sehingga sistem nantinya dapat membantu memecahkan berbagai macam permasalahan seperti pencarian informasi. Yang ketiga, implementasi artinya perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program. Yang keempat, pengujian artinya unit program diintegrasikan atau diuji sebagai sistem yang lengkap untuk menjamin bahwa persyaratan sistem  telah terpenuhi. Dan terakhir, kesimpulan artinya ketika semua proses diatas berjalan dengan baik maka system Lost And Found disini bisa dipastikan akan berjalan sempurna.
Pengujian dilakukan dua tahap yaitu pengujian validasi dan pengujian feedback dari user. Hasil pengujian validasi berdasarkan kasus uji dan hasil yang diperoleh aplikasi adalah 100% valid karena fungsi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil pengujian feedback dari user adalah 83,3% user menyatakan mudah dan membantu dalam penyebaran informasi.
Kata kunci: Lost, Found, Universitas Negeri Surabaya
Penulis: RAHMATULLOH
Kode Jurnal: jptinformatikadd160387

Artikel Terkait :