RANCANG BANGUN GAME FIGHTING PEWAYANGAN BAHURAKSA ARENA
Abstract: Wayang adalah salah
satu pertunjukkan yang dimiliki oleh Indonesia, dan salah satu kisah wayang
yang sering digunakan adalah “Mahabharata”. Menceritakan konflik antara Pandawa
dan Kurawa, dari kedua belah pihak
memiliki prajurit ataupun
ksatria yang memiliki
kesaktian dan cara
bertarung sendiri. Sehingga
sangat cocok untuk di kembangkan menjadi sebuah game
fighting. Game sangat populer di semua kalangan baik dari dewasa
hingga anak kecil, terutama di platform
mobile, karena game mobile
bisa dimainkan dimana saja. Gamefighting sendiri adalah salah satu genre
game yang dimana seorang pemain
mengendalikan salah satu karakter dan bertarung dengan jarak yang dekat dengan
seorang lawan. game ini di buat dengan menggunakan metode NGram untuk
menghasilkan kecerdasan buatan
yang dapat menentukan
pergerakan lawan atau
yang di sebut dengan NPC(Non-Player Character).
N-gram adalah metode untuk memprediksi gerakan pemain, pemain akan melakukan tindakan
seperti gerak maju,
mundur, lompat, jongkok,
menyerang 1 dan
menyerang 2 kemudian kecerdasan buata.
Sehingga metode N-gram
sangat cocok untuk
di implementasikan pada
game bergenre fighting.
Penulis: Aisy Muhammad R, Dyah
Ayu Irawati, Faisal Rahutomo
Kode Jurnal: jptinformatikadd161012