RANCANG BANGUN GAME “COLOR IMPACT” SEBAGAI SARANA EDUKASI BERBASIS ANDROID

Abstrak: Banyak dikalangan masyarakat umum yang belum memahami dan mengetahui pengetahuan tentang konsep pencempuran warna, yang mana konsep ini sangatberguna dan bermanfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari. Mengetahui konsep pencampuran warna, akan sangat membantu kebutuhan kita di bidang seni grafik visual, seperti desain produk, membuat lukisan, atau bahkan dalam pembuatan suatuvideo. Maka dari itu, penyusun mencoba membuat game berbasis Android yangmemperkenalkan teori pencampuran warna sebagai sarana edukasi yang menarikuntuk semua umur.
Dalam membangun game ini peneliti menerapkan Algoritma “Fisher Yates” untuk melakukan pengacakan spawn object musuh agar tidak terjadi pengulangan datadi setiap pengacakan spawn object musuh. Game ini memperkenalkan pengetahuantentang konsep Teori Brewster, yaitu teori yang menggolongkan warna pada 4golongan warna. Keempat golongan warna tersebut adalah warna primer, sekunder, tersier, dan netral. Pemain dituntut untuk berpacu mendapatkan skor tertinggi dalam game ini. Sistem game ini akan menyimpan skor tertinggi yang pernah diraih oleh pemain untuk ditampilkan ketika permainan selesai. Apabila pemain mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari skor tertinggi yang telah tersimpan, maka sistem akan mengganti skor tertinggi dengan skor yang baru.
Kata kunci: Game Edukasi, Teori Pencampuran Warna, Android, Fisher Yates
Penulis: Ahmad Fairuzabadi, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya
Kode Jurnal: jptinformatikadd170410

Artikel Terkait :