PREDIKSI HASIL PEMILU LEGISLATIF KABUPATEN LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES BERBASIS PSO

ABSTRACT: Pemilihan Umum merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemilu diselenggarakan adalah untuk memilih pimpinan baik presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD. Banyak penelitian yang menggunakan metode naïve bayes maupun classification tree dalam memprediksi hasil pemilu tetapi nilai akurasi yang dihasilkan masih kurang akurat.
Dalam penelitian ini digunakan model algoritma naïve bayes berbasis Particle Swarm Optimization untuk mendapatkan rule dalam memprediksi hasil pemilihan legislatif dan memberikan nilai akurasi yang lebih baik. Pengujian naïve bayes dalam prediksi hasil pemilu legislatif Kabupaten Lombok Timur diperoleh akurasi 85,14% dan nilai AUC 0,978. Setelah pengujian naïve bayes berbasis PSO sebagai fitur seleksi diperoleh nilai akurasi 96,62% dan nilai AUC 0,971.
Setelah penggunaan PSO sebagai fitur seleksi dapat meningkatkan akurasi prediksi hasil pemilu legislatif Kabupaten Lombok Timur dengan tingkat diagnosa Excellent Classification, dan pengujian ROC Curve mendapatkan hasil lebih baik untuk algoritma tersebut.
Kata Kunci: Algorithma Naïve Bayes, PSO, Prediksi hasil pemilu legislative Kabupaten Lombok Timur
Penulis: Alimuddin, Muhammad Sadali, Muhammad Wasil
Kode Jurnal: jptinformatikadd170282

Artikel Terkait :