Perancangan Cerita Dan Karakter 3D Sebagai Pendukung Film Animasi Rongrang

Abstrak: Bali memiliki kebudayaan yang beraneka ragam dan terkenal di seluruh dunia. Salah satu kebudayaan tersebut adalah barong dan rangda. Namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai filosofi dan makna yang terkandung di dalamnya. Untuk itu dirasa perlu dirancang sebuah media pengenalan melalui sebuah film animasi yang dikemas secara 3D berjudul ‘RongRang’. Dalamperancangan ini, akan difokuskan pada perancangan cerita dan karakter yang dikemas secara 3D. Adapun proses yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah Pre-production yang mencakup pengembangan ide konsep, storyboard, dan desain karakter barong dan rangda. Target penontondaripada animasi yang dirancang ini adalah anak-anak dengan usia antara 5-14 tahun. Berdasarkan paparan diatas, pada penelitian kali ini penulis tertarik membuat sebuah penelitian berjudul Perancangan Cerita dan Karakter 3d Sebagai Pendukung Film Animasi “Rongrang”. Hasil daripadapenelitian ini adalah sebuah ide konsep, skenario cerita daripada Barong dan Rangda. Selain itu telahdidesain sketsa karakter daripada barong dan rangda dalam bentuk dua dimensi tampak depan, samping dan belakang. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk membuat penelitian lanjutan mengenai animasi 3D Rongrang.
Kata kunci: animasi, barong, rangda, bali, karakter
Penulis: Padma Nyoman Crisnapati
Kode Jurnal: jptinformatikadd160974

Artikel Terkait :