Perancangan Aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO) Berbasis Website dan Selular Sebagai Informasi untuk Memetakan Sarana Olahraga

Abstract: Aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO) berbasis Website dan Selular merupakan suatu aplikasi untuk memetakan sarana olahraga menggunakan layanan GPS, sehingga pengguna dapat mengetahui lokasi sarana olahraga, informasi fasilitas, dan jalan yang ditempuh menuju lokasi tersebut. Layanan ini dapat diakses melalui website secara online dan juga perangkat selular dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Adapun tujuan dari pembuatan dan penelitian aplikasi PSO ini adalah: 1) Mengetahui proses pembuatan, 2) Mengetahui cara kerja, dan 3) Mengetahui keunggulan  aplikasi PSO.
Pembuatan aplikasi PSO terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (a) Peninjauan Aplikasi, pada tahap ini menggunakan proses pengumpulan data dan fakta sebagai awal pembuatan aplikasi PSO. Terdiri dari mendownload aplikasi pendukung dan pembelian hosting dan domain, (b) Analisa Aplikasi, menggunakan proses tahapan untuk menganalisa aplikasi secara lebih spesifik baik secara proses, fungsi dan prosedur yang disesuaikan berdasarkan data-data. Terdiri dari analisa requirement system, analisa proses dan analisa modul sistem, (c) Desain Aplikasi, pada tahap ini menggunakan proses pemodelan untuk keperluan database, alur sistem, dan proses yang sesuai dengan analisa sebelumnya. Tahapannya adalah: desain modul, dan proses, desain struktur database dan desain arsitektur sistem, (d) Prototyping, pada tahap ini dilakukan pengkodean program, prototype database dan desain template form, menu dan report.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil yaitu aplikasi PSO. Cara kerjanya adalah ketika pengguna mengakses  aplikasi melalui website ataupun selular maka data yang ada di website PSO maupun di selular, datanya diambil dari MySQL server yang ada di VPS Hosting. Kemudian dieksekusi oleh PHP server. Tetapi jika melalui selular ditambah dengan fasilitas GPS Tracking System. GPS diaktifkan dan dibuka aplikasi PSO mobile, kemudian akan didapat titik koordinat dimana posisi pengguna berada. Koordinat yang diperoleh aplikasi PSO mobile dikirim ke server PSO. Data koordinat yang diperoleh oleh server PSO diposisikan di Google Maps, kemudian dapat diperoleh informasi yang diinginkan.
Kata Kunci: aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO), GPS Tracker System,  Pembuatan, Pemetaan, Sarana Olahraga
Penulis: Rahmat Hidayat, Reza Setiawan
Kode Jurnal: jptinformatikadd170022

Artikel Terkait :