PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN MAHASISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (STUDI KASUS POLITEKNIK NEGERI MALANG)

Abstrak: Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan salah satu program Dirjen Dikti yang berguna untuk memilih mahasiswa terbaik dari suatu perguruan tinggi. Mahasiswa yang ikut serta dalam Program Mahasiswa Berprestasi harus memenuhi beberapa kriteria akademis dan kriteria non akademis. Kriteria akademis meliputi Indeks Prestasi Kumulatif, kemampuan berbahasa dan kriteria non – akademis yang meliputi kepribadian, kemampuan berkomunikasi dan kriteria lainnya.
Pada penelitian ini digunakan metode promethee untuk mengurutkan nilai dari beberapa kriteria. Metode ini mampu mengurutkan nilai dari gabungan kriteria kuantitatif seperti jumlah absensi dan kriteria kualitatif sepertinilai IPK, nilai karya tulis, penilaian prestasi, dan kemampuan dalam berbahasa inggris. Kriteria dengan kaidah minimum seperti jumlah absensi dan kriteria dengan kaidah maximum seperti nilai IPK, nilai karya tulis, penilaian prestasi, dan kemampuan dalam berbahasa inggris.
Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Penentuan Mahasiswa Berprestasi, yang mampu memberikan rekomendasi calon mahasiswa berprestasi dari perhitungan metode promethee.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, mahasaiswa berprestasi, Metode Promethee
Penulis: Nurcahyo Eko Sumitro, Ridwan Rismanto, Arief Prasetyo
Kode Jurnal: jptinformatikadd170393

Artikel Terkait :