PENGEMBANGAN PLATFORM GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI DI SMK MA’ARIF WONOSARI UNTUK PLATFORM ANDROID

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan platform game yang bersifat edukasi bagi kalangan SMK Ma’arif Wonosari untuk materi sistem operasi berbasis Android. Pembelajaran dengan menggunakan platform game, diharapkan dapat menambah motivasi siswa untuk belajar.
Platform game akan dikembangkan menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 10 tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan Platform game adalah Construct 2. Kelayakan dari platform game yang telah dikembangkan akan dinilai oleh tim ahli media, tim ahli materi, dan siswa. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Ma’arif Wonosari dengan bantuan 40 siswa kelas X sebagai responden. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner. Data yang diperoleh akan disesuaikan nilainya berdasarkan skala likert. Untuk menguji fungsionalitas dari platform game, dilakukan blak box testing.
Hasil pengujian black box menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan telah berfungsi dengan baik. Hasil perhitungan persentase kelayakan untuk ahli media adalah sebesar83,46% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentase kelayakan ahlimateri adalah sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Perhitungan persentase kelayakan uji coba awal adalah sebesar 79,92% yang termasuk dalam kategori layak. Sedangkan, perhitungan uji coba lapangan mendapat persentase sebesar 78,89% yang termasuk dalam kategori layak. Dari hasil pengujian dan perhitungan persetase di atas, platform game yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Platform Game, Research and Development, kelayakan, sistem operasi
Penulis: Galang Lintar Brian Seto
Kode Jurnal: jptinformatikadd160475

Artikel Terkait :