PENGEMBANGAN JOB SHEET MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK SISWA KELAS X DKV DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: (1) mengembangkan job sheet praktik mata pelajaran Simulasi Digital untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan job sheet praktik mata pelajaran Simulasi Digital untuk siswa kelas X DKV SMK Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D models dengan empat tahapan pokok yaitu, (1) pendefinisian (Define); (2) perancangan (Design); (3) pengembangan (Develop); (4) penyebaran (Disseminate). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner atau angket yang diberikan kepada 57 siswa sebagai responden untuk memperoleh data yang dibutuhkan.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan job sheet sesuai dengan model pengembangan 4-D Models; (2) berdasarkan hasil penelitian ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai nilai rata-rata 137 dengan persentase 85,63% (sangat layak). Berdasarkan hasil penelitian ahli materi yang mencakup aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan sajian mencapai nilai rata-rata 92 dengan persentase 76,67% (sangat layak). Berdasarkan respon siswa meliputi aspek kemudahan dimengerti dan kemudahan pemakaian memperoleh nilai rata-rata 78,43 dengan persentase 78,44% (layak).
Kata kunci: Pengembangan, Job Sheet, Simulasi Digital
Penulis: Nabila Sella Agusta
Kode Jurnal: jptinformatikadd160464

Artikel Terkait :