PENGEMBANGAN DAN UJI KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN MICROSOFT ACCESS 2010 SEBAGAI BAHAN AJAR KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI UNTUK KELAS XI SMK NEGERI BANSARI

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pembelajaran Microsoft Access 2010 untuk siswa Kelas XI di SMK Negeri Bansari dan menilai tingkat kelayakan modul pembelajaran sebelum digunakan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Anik Ghufron. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi 4 tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap uji coba lapangan dan tahap diseminasi. Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, kemudian diuji cobakan pada 75 siswa yang terbagi oleh 27 siswa kelas XI TAV1, 25 siswa kelas XI TAV2 dan 23 siswa kelas XI ATPH SMK Negeri Bansari. Data dikumpulkan dengan angket skala 5 dan wawancara. Kelayakan modul pembelajaran dapat diketahui dengan mengkategorikan hasil data penilaian dalam 5 kategori yaitu sangat layak, layak, cukup layak, tidak layak dan sangat tidak layak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran ni secara keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, modulpembelajaran ini dikatakan sangat layak dengan persentase 88%. Menurut ahli materi, modul pembelajaran ini dikatakan layak dengan persentase 84%. Berdasarkan analisis data hasil uji coba lapangan diperoleh kriteria Sangat Layak dengan presentase sebesar 86,8%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Microsoft Access 2010 ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran KKPI untuk siswa Kelas XI di SMK Negeri Bansari.
Kata kunci: Pengembangan, Uji Kelayakan, Modul Pembelajaran, Microsoft Access 2010
Penulis: Tafakur Khoirot
Kode Jurnal: jptinformatikadd160445

Artikel Terkait :