PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS PERMAINAN EDUKASI “PICASSO CYBER ADVENTURE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SMK KELAS X DENGAN TOOLS CONSTRUCT 2.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan edukasi “Picasso Cyber Adventure” yang dapat membuat proses pembelajaran Pemrograman Web bagi peserta didik SMK kelas X menjadi lebih efektif dan mengetahui hasil kualitas permainan edukasi tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang terdiri dari enam tahap, yakni konsep, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian dan penyebaran. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) permainan edukasi “Picasso Cyber Adventure” dikembangkan menggunakan tools Construct 2 dan diimplementasikan pada platform desktop, (2) hasil pengujian kualitas permainan edukasi pada karakteristik functionality sebesar 100% (Sangat Layak), karakteristik efficiency sebesar 92,98% (Sangat Layak), karakteristik portability sebesar 100% (Sangat Layak), karakteristik maintainability memiliki Maintainability Index sebesar 105 (High MI), karakteristik usability memiliki nilai SUS sebesar 73,5 (Good), dan pengujian materi sebesar 100% (Sangat Layak).
Kata kunci: permainan edukasi, media pembelajaran, Construct 2
Penulis: Hanifah Fasiani
Kode Jurnal: jptinformatikadd160485

Artikel Terkait :