Penapisan Sinyal Suara Berderau Menggunakan Tapis Adaptif Finite Impulse Response pada File External Wav

Abstract: Sinyal suara sangatlah penting dalam bidang komunikasi. Namun demikian terdapat sinyal suara yang sudah tercampur dengan gangguan yang berupa noise, sehingga sinyal menjadi lemah atau bahkan menjadi hilang. Agar sinyal suara tersebut dapat diterima secara baik, maka perlu dilakukan penapisan terhadap sinyal yang diterima.
Dalam penelitian ini dilakukan penapisan sinyal suara yang sudah tercampur dengan derau menggunakan tapis adaptif finite impulse response. Aplikasi tersebut diterapkan terhadap file eksternal berextensi wav, kemudian dilakukan pembangkitan terhadap suara asli, hasil filter dan errornya. Penapisan dilakukan dengan tapis adaptif metode finite impulse response.
Hasil Penapisan diperoleh suatu 'Grafik' maupun 'Suara' yang mendekati Grafik dan Suara Asli. Namun demikian perbandingan Suara ASLI dan HASIL PENAPISAN tetap diperoleh sedikit ERROR dengan Grafik Perbandingan antara suara 'ASLI', suara 'hasil FILTER' dan 'ERROR'. Filter adaptif dapat digunakan untuk menapis berbagai sinyal yang mengandung derau dengan mengatur nilai parameter filter yaitu mu dan N.
Keywords: Noise, tapis adaptif, finite impulse response, file wav.
Penulis: Wisnu Widiarto
Kode Jurnal: jptinformatikadd120272

Artikel Terkait :