MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING UNTUK MENENTUKAN MULTIPLE INTELLIGENCE ANAK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Abstrak: Kecerdasan anak (Multiple Intelligence) dapat diketahui melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kegiatan fisik atau kemampuan motorik bahakan lewat cara sosial-emosional. Multiple Intelligence pada dasarnya merupakan pengembangan dari kecerdasan otak (IQ), kecerdasan emotional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat suatu masalah, lalu menyelesaikan masalah tersebut atau membuat sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain.
Intelegensi atau kecerdasan dapat dipandang sebagai kemampuan memahami dunia, berpikir rasional, dan menggunakan sumber-sumber secara efektif pada saat dihadapkan pada suatu tantangan. Ada yang berpendapat bahwa pengertian kecerdasan adalah kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional. Selain itu, kecerdasan dapat juga diartikan sebagai kemampuan pribadi untuk memahami, melakukan inovasi, dan memberikan solusi terhadap berbagai situasi.
Multi Attribute Decision Making (MADM) yang digunakan dalam penelitian ini untuk membuat sistem pendukung keputusan menggunakan Weighted Product (WP) dalam menentukan kecerdasan anak (Multiple Intelligence). 8 kecerdasan dengan 8 kriteria menggunakan bobot yang telah ditentukan. Data yang diujikan berdasarkan data siswa baru yang telah mendaftar di SMP Negeri 3 Kepanjen dengan jumlah data 226 siswa yang telah terdaftar dan mengisi angket (indikator) yang telah disediakan melaui www.teskecerdasan.com. Hasil dari tersebut berupa grafik yang telah dirangking berdasarkan metode Weighted Product (WP).
Kata kunci: Multiple intelligence, weighted product, teskecerdasan
Penulis: Mohammad Ahsan, Romia Hari Susanti, Riski Nur Istiqomah
Kode Jurnal: jptinformatikadd170419

Artikel Terkait :