MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER BERBASIS MAGICBOOK AUGMENTED REALITY
Abstrak: Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang kurangnyasiswa dalam pengertian atau
pemahaman tentang perangkat keras jaringankomputer di SMK ROSMA Karawang, hal
ini terjadi karena metodepembelajaran tentang perangkat keras jaringan komputer
yang ada saat ini masih bersifat fisik. Akibatnya siswa masih saja kesulitan
mengerti akan fungsi –fungsi dari perangkat keras jaringan komputer. Oleh
karena itu siswa harusdiberikan metode pembelajaran yang baru agar siswa dapat
memahami tentangperangkat – perangkat jaringan komputer dengan meninggalkan prosespembelajaran
fisik. Maka tujuan penelitian ini adalah menerapkan teknologiaugmented reality
dalam proses pembelajaran tentang perangkat keras jaringan komputer agar siswa
mampu mengerti akan fungsi – fungsi dari setiap perangkatkeras jaringan
komputer. Tahapan penelitian ini menggunakan metode yangdikemukakan oleh
Luther, yang mencangkup concept, design, material collecting, assembly, testing
dan distribution. Aplikasi berbasis augmented reality yang dikembangkan pada
penelitian ini ditunjukan kepada siswa. Aplikasi yang dikembangkan berjalan
pada pada PC/Laptop. Tools yang digunakan dalamproses pembuatan objek 3D
perangkat keras jaringan komputer yaitu Blender3D dan proses pembuatan aplikasi
augmented reality ini menggunakan aplikasiOpenSpace3D. Hasil penelitian ini
yaitu aplikasi pengenalan perangkat keras jaringan komputer yang memanfaatkan
teknologi augmented reality. Dengan menggunakan magicbook sebagai marker,
aplikasi ini dapat menampilkan objek3D tentang perangkat keras jaringan
komputer. Berdasarkan hasil table rekapitulasi rata – rata skor yang didapat
setelah dilakukan perhitungan kuisionerdengan nilai 175.5, angka tersebut
berada pada skala 142.8 – 176.3 yang berartidinilai baik oleh siswa yang
menjadi responden.
Penulis: Aries Suharso
Kode Jurnal: jptinformatikadd160806