Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru)
Abstrak: Peningkatan kualitas
pendidikan dilingkup nasional sudah mulai dilakukan dengan berbagai cara,
diantaranya menggunakan teknologi Augmented Reality(AR). Dalam penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan aplikasiberbasis augmented reality dengan teknik
marker based yang dikemas dalambentuk magicbook. Tahapan penelitian menggunakan
metode gabungan pengembangan multimedia Borg & Gall, Sugiyono, Mardika dan
Munir dengan model R&D. Aplikasi yang dikembangkan berjalan pada Operating
sistemWindows 7 dan Windows XP. Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi augmented
reality yaitu openspace3D dan permodelan kerangka manusia 3D menggunakan 3Ds
max. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian diperoleh hasil bahwa aplikasi ini
dapat berjalan sesuai dengan perancangan, dimana fungsi marker perbesar,
perkecil dan animasi berjalan dengan fungsinya, jarakpendeteksian marker yang
baik yaitu berkisar 30-60 cm antara buku dengan webcam dan cahaya yang baik
menggunakan lampu led yaitu 10-20 watt dengan luas ruangan 5 x 15 meter. Hasil
ujicoba menggunakan uji-t berpasanganterhadap 41 siswa sebelum dan sesudah
menggunakan aplikasi didapat bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman
siswa dalam belajar.
Penulis: Aries Suharso,
Muhamad Muhaimin
Kode Jurnal: jptinformatikadd160814