LAYANAN INFORMASI LOKASI EVENT MENGGUNAKAN LBS BERBASIS JQUERY MOBILE

Abstract: Banyaknya peristiwa event (acara) yang terjadi disuatu tempat belum dapat memberikan hasil yang baik dalam penyebaran dan publikasi informasi kepada orang banyak, hal ini juga memberikan kesan kurang berhasilnya peran pihak penyelenggara  yang biasa disebut event organizer (EO). Peran media sangat membantu dalam penyampaian informasi, namun tidak semua media informasi dapat memberikan informasi yang tepat kepada pihak/peserta event.Hal ini juga membutuhkan biaya yang besar dan SDM yang kompeten dalam publikasinya. Dengan hadirnya media internetdan mobile saat ini yang semakin meningkat jumlah penggunanya dan ekonomis,diharap mampu menjadi media publikasi yang dapat memberikan kemajuan dan ketepatan dalam penyampaian informasi kepada pihak/peserta event.
Subjek penelitian adalah pemanfaatan teknologi internet dan mobile untuk memberikan informasi lokasi event yang meliputi informasi peta lokasi event dengan tampilan LBS, pencarian manual event, informasi event terbaru dan kategori event. Sistem layanan informasi ini diharapkan dapat menjadi sarana publikasi guna memaksimalkan peran EO dalam penyampaian  informasi dan komunikasi kepada pihak/peserta event. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi dan studi pustaka. Tahap perancangan meliputi perancangan UML (Unified Modeling Language)  dan perancangan antarmuka (user interface). Tahap implementasi aplikasi menggunakan PHP dan jquery mobile framework.Untuk tahap pengujian terbagi menjadi pengujian fungsionalitas yakni menggunakan metode SIT dan UAT dan pengujian kinerja aplikasi (performance test). Pengujian kinerja aplikasi memberikan hasil: page weight 242.6 Kb, responsetime 1.16 detik, dengan Yslow Grade B dan scoreperformance 89 yang mengidentifikasikan aplikasi yang dibangun cepat dan ringan.
Hasil akhir penelitian ini adalah terwujudnya sebuah aplikasi web berbasis jquery mobile dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi LBS, GPS, dan layanan Google Maps API yang dapat memberikan informasi detail lokasi dan kemudahan dalam pengaksesan lokasi event yang akan dikunjungi.
Kata kunci: layanan informasi, publikasi, event, LBS, web, UML, jquery mobile, GPS, google maps api, driving route, haversine, map direction, SIT, UAT, performance test.
Penulis: Aman Fitrullah, Ardiansyah
Kode Jurnal: jptinformatikadd160453

Artikel Terkait :