Implementasi Layanan Informasi Obat pada Masyarakat Menggunakan Android SMS Gateway

Abstract: Teknologi informasi adalah suatu bentuk teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi data yang berupa teks, audio, video dan/atau dalam bentuk mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet (tablet computer). Android menjadi pilihan bagi perusahaan teknologi yang mengiginkan sistem operasi yang berbiaya rendah, bisa dikustomisasi dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkan dari awal.
Apotek adalah tempat untuk menjual, menyimpan dan meramu obat dan merupakan tempat dimana apoteker melakukan praktek farmasi dan sekaligus menjadi peritel. Apoteker, dalam menjalankan Apotek membutuhkan bantuan teknologi informasi untuk mempermudah dalam proses pengelolaan data, yaitu, berupa data obat-obatan. Informasi tentang obat-obatan yang berupa jenis dan kegunaan setiap obat merupakan bidang yang dikuasai oleh apoteker. Tetapi, masyarakat umum pun membutuhkan informasi tentang obat-obatan untuk mengetahui fungsi dan kegunaan dari obat yang akan/sedang dikonsumsi. Akan tetapi, akses terhadap sumber-sumber tersebut masih sangat terbatas bagi sebagian besar masyarakat pada umumnya, dikarenakan tidak semua orang memiliki akses terhadap sumber informasi tersebut.
Salah satu cara untuk mempermudah dalam memberikan atau mencari informasi tentang obat adalah dengan menggunakan fasilitas SMS pada perangkat telepon seluler. Dengan menggunakan SMS, masyarakat bisa bertanya tentang informasi obat tertentu dan mengirimkan pertanyaan tersebut pada nomor telepon SMS gateway yang menyediakan informasi tentang obat tersebut. Apotek, sebagai tempat penjualan berbagai macam jenis obat dapat menyediakan fasilitas SMS gateway yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk mencari informasi tentang obat tertentu. Implementasi SMS gateway pada apotek dapat dilakukan dengan cukup mudah dan murah dengan menggunakan smartphone Android dan aplikasi SMS gateway yang berjalan diatas platform Android tersebut.
Kata Kunci: Android, SMS gateway, Apotek, Obat-obatan
Penulis: Benni Agung Nugroho
Kode Jurnal: jptinformatikadd130361

Artikel Terkait :