IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA BROSUR TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS TANJUNGPURA MENGGUNAKAN METODE MARKER
Abstract: Penelitian ini
dilatarbelakangi pada perkembangan dunia teknologi informasi yang saat ini
telah meningkat cepat. Salah satu teknologi yang dapat digunakan Teknik
Informatika Universitas Tanjungpura sebagai media informasi adalah Augmented
Reality. Dengan keterbatasan brosur dalam menyampaikan informasi, Augmented
Reality dapat memberikan informasi yang belum terdapat di brosur dengan
memvisualisasikannya ke dalam bentuk 3 dimensi yang seakan-akan berada pada
lingkungan nyata. Dalam penelitian ini digunakan Game engine Unity untuk
membangun aplikasi Android dan Vuforia SDK agar memungkinkan aplikasi yang
dibangun menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Marker yang digunakan
adalah brosur Teknik Informatika Universitas Tanjungpura yang berisi beberapa
marker. Aplikasi ini dapat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang memerlukan
informasi tentang Teknik Informatika Universitas Tanjungpura. Dari tiga hasil
pengujian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun dapat menampilkan
semua objek 3D dari gedung dan ruangan dan dapat membantu calon mahasiswa untuk
mendapatkan informasi yang belum didapatkan pada brosur.
Penulis: Zahra Nadira
Kode Jurnal: jptinformatikadd160334