GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI
Abstrak: Penggunaan ponsel
pintar (smartphone), Ipad, Tablet PC, dan lain sejenisnya dalam kehidupan
sehari-hari kian marak. Mulai merk terkenal sampai biasa saja, dan yang canggih
sampai yang sederhana kian santer digunakan. Berbagai alasan menjadi magnet
bagi semua kalangan dalam penggunaanya. Ringan, mudah dibawa, praktis menjadi
alasan utama pemakaiannya. Selain itu, Terdapat banyak fitur game yang tidak
hanya sebagai hiburan bermain, namun sudah banyak game untuk mengasah daya
pikir dan logika yang dapat memperkenalkan materi agar lebih menarik untuk
diterima dan dipahami terutama oleh anak yang masih dalam usia dini. Anak usia
dini antara umur 3 – 6 tahun berada dalam masa Golden Periode (Periode
Keemasan) perkembangan otak mereka. Dalam usia ini, mereka berada pada masa
pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. Oleh
karena itu, penulis membuat game edukasi yang berbasis sistem operasi Android
dengan harapan anak-anak dapat langsung menggunakan aplikasi permainan tersebut
dan memperoleh pengetahuan lebih banyak serta merubah pola belajar agar tidak
jenuh dan bosan . Game edukasi ini merupakan aplikasi pembelajaran untuk anak
usia dini dimulai dari usia 3 sampai 6 tahun yang berisi tentang materi
pelajaran mengenal binatang, mewarnai, corat-coret, menyanyi serta alfabet.
Metode penelitian dan pengembangan aplikasi edukasi ini adalah metode Waterfall
yang terdiri dari lima tahapan yaitu Requirement, Design, Implementation,
Verification, dan Maintenance. Dengan menerapkan hasil dari game edukasi ini,
diharapkan dapat membantu anak-anak dalam belajar dan dapat meningkatkan pola
pikir kreatif serta menambah pengetahuan lebih maju.
Penulis: Dian Wahyu Putra, A.
Prasita Nugroho, Erri Wahyu Puspitarini
Kode Jurnal: jptinformatikadd161054