ENTERPRISE SISTEM ADMINISTRASI UNTUK LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN STUDI KASUS DI LKP INKA GROUP PASURUAN

Abstrak: Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LKP) atau biasa dikenal sebagai lembaga kursus saat ini sangat berkembang dengan bukti banyaknya LKP yang ada di kota Pasuruan. Sistem administrasi LKP ini umumnya masih sederhana yaitu menggunakan buku dan kertas untuk pencatatan peserta maupun keuangannya. Oleh karena itu perlu dirancang sistem administrasi yang terkomputerisasi agar lebih praktis dan lebih cepat.
Sistem yang dirancang mencakup modul penerimaan peserta, pengaturan transaksi keuangan, dan penilaian (pencetakan sertifikat). Sistem dibangun dengan menggunakan Visual Studio 2013 dan Microsoft SQL Server 2012. Sistem dibangun dari nol, karena sebelumnya segala pengurusan administrasi hanya mengandalkan buku dan kertas. Sistem dibuat sedemikian rupa sehingga bisa digunakan di LKP mana saja dengan bidang pengajaran apa saja sehingga sistem ini mencakup skala enterprise.
Dari hasi uji coba penggunaan aplikasi, didapat bahwa kecepatan layanan kepada peserta kursus belum mengalami peningkatan, sebaliknya operator merasa bahwa penggunaan aplikasi justru lebih lambat dibandingkan cara manual. Hal ini tampaknya karena belum terbiasanya operator dalam menggunakan aplikasi, selain itu perlu optimalisasi penggunaan dengan pelatihan dan sebagainya. sebaliknya, pengarsipan data berjalan dengan baik, data yang semula ada di buku bisa tersimpan dengan aman di database komputer.
Kata kunci: LKP, administrasi, enterprise, visual studio, peserta kursus
Penulis: Bambang Hindrajid, Anang Aris Widodo, Achmadi Prasita Nugroho
Kode Jurnal: jptinformatikadd161068

Artikel Terkait :