Autonomous Cognitive Leveling Game Pada Serious Game Menggunakan Particle Swarm Optimization

Abstrak: Serious game sangat mendukung proses pembelajaran melalui permainan yang mengandung aspek pedagogis dan merupakan bagian dari alat/media e-learning. Selain itu metode pembelajaran menggunakan permainan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, karena animasi materi pembelajaran dalam permainan akan mengaktifkan ingatan jangka panjang siswa.
Metode particle swarm optimization (PSO) menawarkan suatu prose¬dur pen¬¬ca¬rian berdasar pada populasi yang terdiri atas individu-individu yang di¬se¬but par¬¬tikel, mengubah posisi mereka terhadap waktu. PSO dengan cara melakukan inisialisasi posisi dan kecepatan particle, menghitung fungsi fitness dari solusi dan mengupdate posisi dan kecepatan particle sampai kondisi berhenti ditemukan.
Perancanagan PSO pada permasalahan autonomus cognitive level game pada serious game diusulkan menggunakan permutasi dengan fungsi fitness jarak antara xi+1(cognitive level game) dengan xi (cognitive pre-test).Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya urutan level game yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar.
Kata Kunci: Serious game, cognitive, pso         
     Penulis: Eko Subiyantoro, Azhari
Kode Jurnal: jptinformatikadd170288

Artikel Terkait :