Autonomous Cognitive Leveling Game Pada Serious Game Menggunakan Particle Swarm Optimization
Abstrak: Serious game sangat
mendukung proses pembelajaran melalui permainan yang mengandung aspek pedagogis
dan merupakan bagian dari alat/media e-learning. Selain itu metode pembelajaran
menggunakan permainan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional,
karena animasi materi pembelajaran dalam permainan akan mengaktifkan ingatan
jangka panjang siswa.
Metode particle swarm optimization (PSO) menawarkan suatu prose¬dur
pen¬¬ca¬rian berdasar pada populasi yang terdiri atas individu-individu yang
di¬se¬but par¬¬tikel, mengubah posisi mereka terhadap waktu. PSO dengan cara
melakukan inisialisasi posisi dan kecepatan particle, menghitung fungsi fitness
dari solusi dan mengupdate posisi dan kecepatan particle sampai kondisi
berhenti ditemukan.
Perancanagan PSO pada permasalahan autonomus cognitive level game pada
serious game diusulkan menggunakan permutasi dengan fungsi fitness jarak antara
xi+1(cognitive level game) dengan xi (cognitive pre-test).Hasil yang diharapkan
dari penelitian ini adalah adanya urutan level game yang sesuai dengan
kebutuhan pembelajar.
Kode Jurnal: jptinformatikadd170288