Aplikasi Game Edukasi Pasang Pageh Aksara Bali Berbasis Android
Abstract: Aksara Bali sudah
menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa mulai dari Sekolah Dasar
sampai dengan Sekolah Menengah Akhir. Keluhan siswa yang tertampung dalam
angket orang tua siswa menunjukkan terdapat sebanyak 52,86% yang menyatakan
bahwa pelajaran Bahasa Bali khususnya Pasang Pageh Aksara Bali dirasakan susah
oleh anak-anak mereka. Seiring perkembangan teknologi permasalahan tersebut
dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran baru di bidang Teknologi
Informasi yaitu salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Smartphone Berbasis
Android. Pembelajaran Pasang Pageh Aksara Bali diimplementasikan ke dalam
sebuah game edukasi berbasis Android menggunakan metode drag and drop dan
dirancang semenarik mungkin, dengan tujuan agar minat belajar anak-anak untuk
mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali lebih meningkat. Hasil survey masyarakat
terutama anak-anak, Game “Pasang Pageh Aksara Bali” mendapatkan respon yang
baik sebagai media bantu dalam mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali, dengan
persentase 67% menarik dalam aspek grafis, 50% baik dalam aspek rekayasa
perangkat lunak, 74% baik dalam aspek entertainment, dan 60% dipahami dalam
aspek konten
Penulis: Ayu Wirdiani, Ketut
Agung Cahyawan, Dharma Prateka Atmaja
Kode Jurnal: jptinformatikadd150801