Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Abstrak: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah unsure pelaksana pemerintah dibidang kebudayaan dan pariwisata, yang dipimpin oleh seorang kepala dinas. Salah satu unit kerja yang ada di sana adalah bagian kepegawaian yang menangani masalah kepegawaian. Pada saat ini system pengolahan data pegawai yang diterapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah menggunakan komputer,menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel yang di simpan pada folder,belum menggunakanbasis data (database) atau belum memanfaatkanDatabase Management System(DBMS) sebagai tempat untuk menyimpan data yang berkaitan dengan adminsitrasi kepegawaian, sehingga data tersebut masih berdiri sendiri-sendiri tanpa adanya keterkaitan antara satu data dengan data yang lainnya. Sehingga pada saat pembuatan laporan dan pencarian data adminsitrasi kepegawaian membutuhkan waktu yang lama, karena harus di cek satu persatusetiap dokumen yang ada. Agar pencarian data dan pembuatanlaporan yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian dapat dilakukan secara cepat, sebuah sistem informasi yang terkomputerisasiperlu untuk diterapkan agar semua permasalahan yang berkaitan dengan administrasi kepegawaian dapat teratasi. Sehingga dibutuhkan analisa dan perancangan sistem informasi adminsitrasi kepegawaian,yang dalam hal ini menggunakan metodologi berorientasi objek dengan menggunakan diagram UnifiedModelling Language(UML).
Kata kunci: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian, Diagram Unified Modelling Language (UML)
Penulis: Anisah, Nia Novianti
Kode Jurnal: jptinformatikadd170350

Artikel Terkait :