ALGORITMA BACKTRACKING UNTUK PENYELESAIAN PUZZLE GAMBAR BENDERA
Abstract: Puzzle merupakan
permainan menyatukan pecahan gambar supaya membentuk sebuah pola tertentu.
Sebuah puzzle yang dibangun secara
manual membutuhkan alat-alat yang kompleks dan pemain tidak akan bisa
menyelesaikan permainan puzzle jika alat yang dibutuhkan hilang atau rusak.
Puzzle yang dimainkan dalam bentuk aplikasi komputer diharapkan memberikan
keleluasaan bagi pemain pada saat menyelesaikan permainan puzzle. Jenis permainan berupa puzzle gambar bendera
menuntut pemain untuk belajar. Sistem
yang dibangun ini diharapkan memberikan pembelajaran kepada pemain. Metode yang
digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Algoritma Backtracking. Metode
ini digunakan karena efektif dalam mencari solusi puzzle dan efisien pada
proses pengkodean. Data-data yang diolah meliputi data bagian benua dan data bendera
negara. Hasil aplikasi berupa puzzle gambar bendera dengan tingkat permainan
sangat mudah dengan jumlah kotak kosong 5 kotak, tingkat permainan mudah dengan
jumlah kotak kosong 10 kotak, tingkat permainan sedang dengan jumlah kotak kosong 20 kotak, sulit dengan jumlah kotak
kosong 30 kotak, dan tingkat permainan sangat sulit dengan jumlah kotak kosong
lebih dari 30 kotak.
Penulis: Abdul Kadir Hasani,
Hindayati Mustafidah
Kode Jurnal: jptinformatikadd160613