USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK EP YST PRO DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS PADA PT. MITRA REKATAMA MANDIRI

Abstrak: PT. Mitra Rekatama Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di industri pengecoran logam dengan produk utama yaitu produk Ep Yst Pro. Dalam proses produksi perusahaan berupanya menghasilkan produk tanpa cacat, untuk itu perusahaan menetapkan batas toleransi cacat sebesar 1 %. Tetapi pada kenyataanya menunjukan tingkat cacat produk di luar batas toleransi perusahaan sebesar 2,45 %. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi jenis cacat, faktor-faktor penyebab cacat dan memberikan usulan perbaikan kualitas produk Ep Yst Pro ke perusahaan.
Analisis pengendalian kualitas menggunakan metode Statistical Process Control berupa, check sheet, histogram, scatter diagram, diagram pareto, control chart (p-chart), dan fishbone diagram. Analisis yang digunakan untuk mengetahui prioritas perbaikan menggunakan metode Failure Mode And Effect Analysis. Dari hasil penelitian terdapat cacat berupa rantap, kropos, mengsle, lepot dan benjol. Permasalahan pada lima jenis cacat tersebut disebabakan karena pekerja terburu-buru dengan nilai RPN 288, titik didih kurang dari 1200 ℃dengan nilai RPN 252, pola cetakan aus dengan nilai RPN 240, cetakan tidak terisi penuh dengan nilai RPN 224, dan bahan baku tercampur krikil dengan nilai RPN 200. Usulan perbaikan ke pihak perusahaan yaitu pengawasan secara intensif, penambahan alat pengukur suhu, pengontrolan secara rutin, pemeriksaanproses penuangan cairan ke cetakan dan pemeriksaan bahan baku.
Kata kunci: FMEA, Kualitas , SPC
Penulis: Mufidin, Cyrilla Indri Parwati, Joko Susetyo
Kode Jurnal: jptindustridd160344

Artikel Terkait :