Perancangan Sistem Inventory Unit Logistik Bank Indonesia Bandung

Abstrak: Pada era teknologi informasi seperti sekarang ini, efisiensi waktu dan tenaga, serta kemudahan dalam mendapatkan suatu informasi sangatlah dibutuhkan. Disebuah instansi seperti bank, selalu mengadakan persediaan. Tanpa adanya persediaan, sebuah instansi ataupun perusahaan pada suatu waktu tidak dapat memenuhi kegiatan atau kebutuhan operasionalnya.
Desain dan implementasi dari perancangan Sistem Inventori di Unit Logistik Bank Indonesia Bandung, menghasilkan sebuah aplikasi sistem yang dibuat dengan menggunakan Vb.net untuk memecahkan masalah yang berada di Unit Logistik BI Bandung.
Adapun pemecahan masalah tersebut yaitu dapat membantu pihak Unit Logistik BI Bandung agar dapat mempermudah pihak unit logistik sebagai unit penyedia barang persediaan untuk melakukan transaksi pengeluaran barang. Pencatatan permintaan barang dengan menggunakan sistem terkomputerisasi agar lebih mudah dan tersimpan kedalam database sehingga sangat kecil terjadinya kehilangan data. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi sistem inventori yang berfungsi untuk melakukan transaksi permintaan barang kepada unit logistik sebagai penyedia barang persediaan.
Kata kunci: Sistem Informasi, Inventori, Logistik
Penulis: Iwan Rijayana, Agnesia Tresti
Kode Jurnal: jptindustridd160173

Artikel Terkait :