PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TMS SMK ISLAM JIPANG

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi dankerjasama belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakanpenerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Otomotifdengan fokus materi Tune-Up. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XISiswa SMK Islam Jipang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, data dikumpulkan dengan menggunakan cara dokumentasi, observasi, angket, dan tes hasilbelajar. Data dari hasil belajar siwa dianalisis dengan menghitung rerata dan persentasepada skor siswa. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui peningkatankerjasama dan prestasi belajar siswa diketahui dari hasil belajar siswa terhadappembelajaran otomotif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian siswa belum terbiasa denganpembelajaran model kooperatif tipe TPS, Langkah yang diambil untuk memperbaikikekurangan pada siklus I adalah dengan lebih memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar. (2) Hasil persentase kerjasama siswa pada siklus II meningkat setelah dilakukanperbaikan. Hal ini terlihat bahwa persentase kerjasama siswa mencapai 83,20% dan  sudah memenuhi batasan terendahnya. (3) Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II inimengalami peningkatan dibanding pada siklus I. Ditunjukkan dengan rerata nilai evaluasibelajar siswa sudah yang mencapai 81,87 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai  70 sudah mencapai 31 siswa atau 93,75%.
Kata kunci: Metode TPS, Kerjasama dan Prestasi
Penulis: Beni Rumansyah Arif Susanto
Kode Jurnal: jptmesindd170125

Artikel Terkait :