Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Buduran Sidoarjo

Abstrak: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang pesat yang menuntut setiap individu untuk ikut serta didalamnya,sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk mengiringi perkembangan untuk menngkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan pengembangan media pembelajaran berupa modul. Tujuan pengembangan ini adalah untuk meningkatkan modul pembelajaran yang layak dan untuk mengetahui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang dilakukan adalah mendefinisi, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Hasil validasi untuk kelayakan modul pembelajaran perawatan sistem pendingin mesin memiliki kategori sangat valid. Rerata hasil belajar siswa sesudah menggunakan modul pembelajaran perawatan sistem pendingin mesin mengalami peningkatan dibandingkan dengan rerata hasil belajar sebelum diberikan pembelajaran menggunakan modul perawatan sistem pendingin.Rerata hasil respon siswa dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: modul perawatan sistem pendingin mesin, model pengembangan 4D
Penulis: Bintang Cahya Pratama Santoso, I Made Muliatna
Kode Jurnal: jptmesindd170056

Artikel Terkait :