Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan Sistem Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Gambar Desain Eksterior Bangunan Gedung Untuk Siswa Kelas XII Studi Keahlian TGB SMK Negeri 2 Depok

Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran mata pelajaran Gambar Eksterior Bangunan Gedung dengan bahasan materi konsep dan gaya eksterior bangunan gedung. Produk penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis mobile application dengan sistem augmented reality yang dapat dioprasikan pada gadget dengan Operating System  android.
Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D). Proses penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket dengan beberapa butir penilaian. Angket  dalam penelitian ini berfungsi untuk mengetahui berapa besar skor kelayakan media pembelajaran oleh ahli media dan materi lalu dilakukan penilaian kemudahan penggunaan oleh siswa yang setelah itu dilakukan konversi data kuantitatif ke kualitatif dengan acuan skala likert yang telah ditentukan.
Hasil pengembangan didapatkan media pembelajaran yang terdiri dari tujuh komponen utama, yaitu halaman utama, start, augmented reality, materi, panduan, evaluasi, dan exit. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan perolehan skor kelayakan sebesar 97.2 sedangkan untuk validasi oleh ahli materi termasuk dalam kategori “layak” dengan perolehan skor kelayakan sebesar 70.23, untuk penilaian kemudahan penggunaan oleh siswa terhadap media pembelajaran dapat dikategorikan “layak” dengan perolehan skor kelayakan sebesar 80.23 sehingga hasil pengembangan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif.
Kata Kunci: Media pembelajaran, gambar eksterior bangunan gedung, mobile application, augmented reality
Penulis: Luthfi Anandhika, Dr. V. Lilik Hariyanto, M.Pd
Kode Jurnal: jptsipildd170388

Artikel Terkait :