PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK MuhammadiyahKutowinangun, 2) Mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajarantrainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun, 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer kelistrikan siswa Kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun, dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajar system kelistrikan mobil siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Kutowinangun setelah menggunakan menggunakan media pembelajaran trainer kelistrikan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelaseksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan databerupa kuesioner dan soaltes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).
Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Proses pembuatan media pembelajaran system berupa trainer kelistrikan dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikandengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai,2) Tahap pengembangan media pembelajaran trainer kelistrikan telah meliputipencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, pengujian produk, ujicoba pemakaian dan revisiproduk, 3) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji cobakelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, 4) Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar (thitung = 5,131 dan p=0,000) Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah siswa 40 orang dibuktikan memiliki rata-rata prestasi belajar 82,63 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol 73,00.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Trainer Kelistrikan
Penulis: Susilo Suyitno
Kode Jurnal: jptmesindd170130

Artikel Terkait :