PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN DENGAN SIMULASI WIPER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Abstract: Penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui motivasi mahasiswa terhadap media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo semester III tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, ada beberapa data dan perubahan yang didapat, yaitu pengembangan dilakukan di beberapa sektor, salah satunya pada stand yang disesuaikan sehingga media lebih fleksibel, wiring diagram yang sederhana, pemosisian komponen yang memudahkan operasional pengguna, sumber daya yang lebih ekonomis, keterbukaan komponen membuat media ini menarik untuk diamati, baik pada sistem kerja maupun pengamatan komponen, dari bentuk keseluruhan media yang sudah disesuaikan, dan beberapa uji coba dilakukan peneliti salah satunya dengan mengisi angket yang berisi 15 butir soal, pada kelompok kecil mengahasilkan 83% dan kelompok besar 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran mahasiswa, hasil dari angket dan t hitung dengan standar t tabel dapat diamati bahwa ada perbedaan dari rata-rata angket yang diisi mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang didapat dengan standar t tabel 1,645 dan menghasilkan t hitung sebesar 5,293. Data ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang digunakan cukup efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran maupun pengembangan media lebih lanjut di masa depan, data yang didapat dari pengisian angket terdapat selisih 22%, dengan data hasil pengisian angket kelompok eksperimen 82%, dan kelompok kelas kontrol 60%. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa media sistem kelistrikan dengan simulasi wiper dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Kata kunci: Media pembelajaran, simulasi wiper, motivasi belajar
Penulis: Maulana Akhsan, Bambang Sudarsono
Kode Jurnal: jptmesindd170123

Artikel Terkait :