PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA ENGINE CUTTING SISTEM KARBURATOR DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO

Abstract: Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMKPancasila Kutoarjo, 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaranmenggunakan alat peraga cutting karburator pada kelas X TSM di SMK PancasilaKutoarjo, 3) Untuk mengetahui hasil belajar dari media pembelajaran alat peraga cutting karbutator pada kelas X TSM di SMK Pancasila Kutoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). subjek penelitian siswa kelas X TSM SMK Pancasila Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket daninstrumen tes menggunakan 22 soal yang masing-masing akan dikerjakan oleh kelas control dan eksperimen. Setelah semua data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi kuantitatif.
Hasil skor penilaian oleh ahli media terhadap media 37 dengan presentase 74%. Dan dari penilaian ahli materi mendapatkan skor 35 dari total skor maksimal 50 denganpersentase 70%. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimendiperoleh nilai rata-rata kelas control 70.00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 75.00. Antara kelompok eksperimen dan kelompok control memiliki hasil belajar yang berbedadan mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 5,43%. Dari data tersebut terdapatperbedaan yang signifikan antara siswa yang belum menggunakan media dan yangsudah menggunakan media pembelajaran alat peraga cutting karburator. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran alat peraga cutting karburator cukupefektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Pancasila Kutoarjo.
Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, alat peraga cutting karbutator
Penulis: Herlambang Pramono
Kode Jurnal: jptmesindd170127

Artikel Terkait :