PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CUTTING CVT (CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) SEPEDA MOTORUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPADA SISWA KELAS XI TSM SMK PN2 PURWOREJO

Abstract: Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran cvt sepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo,untukmengetahui kelayakan pengembangan media pembelajarancvt sepeda motor padasiswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo,untuk mengetahui keefektifan penggunaanmedia pembelajarancvt sepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo,untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajarancvt sepeda motor pada siswa kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM B SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrument tes. Setelah data diperoleh kemudian di analisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas control dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 75,00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 85,00. Terdapat selisihantara kelas control dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yangsignifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran cutting cvt sepeda motor dinyatakan valid serta layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK PN 2 Purworejo.
Kata Kunci: Media pembelajaran, stand, cutting cvt sepeda motor
Penulis: Agus Solekhan Bambang Sudarsono
Kode Jurnal: jptmesindd170129

Artikel Terkait :