Pengaruh Penempatan Tirai 3 Baris Lurus Dan 3 Baris Lengkung Terhadap Kedalaman Gerusan Lokal

Abstract:  Gerusan lokal merupakan proses alamiah yang terjadi pada sungai akibat pengaruh morfologi sungai atau dengan adanya bangunan air yang menghalangi aliran, misalnya pilar jembatan. Adanya bangunan air berupa pilar jembatan tersebut menyebabkan perubahan karakteristik aliran seperti kecepatan aliran dan turbulensi, sehingga  menimbulkan perubahan  transpor sedimen dan terjadinya gerusan disekitar pilar jembatan. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi penempatan tirai 3 baris lurus dan 3 baris lengkung.
Tugas akhir ini menggunakan metode eksperimen, dan dilakukan pemodelan pilar sebagai alat pengamatan pengujian dengan parameter kedalaman aliran dan debit air sama. Dengan ketinggian pasir 0.1 m, debit aliran 1.09 lt/det. Benda uji ini menggunakan pipa PVC dengan diameter 0.026 m, tinggi pilar 0.25 m sebagai model pilar untuk pengujian. Pengujian ini menggunakan standard tilting flume. Pengujian dilakukan dua kali dengan variasi bentuk tirai 3 baris lurus dan lengkung 3 baris.
Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kedalaman gerusan di titik A pada pilar yang menggunakan variasi tirai 3 baris lurus dapat mengurangi gerusan sebesar 60% sedangkan pada tirai 3 baris lengkung mengurangi gerusan sebesar 63%, kedalaman gerusan di titik B dan D pada pilar yang menggunakan variasi tirai 3 baris lurus dapat mengurangi gerusan sebesar 66% sedangkan pada tirai 3 baris lengkung mengurangi gerusan sebesar 69%, dan kedalaman gerusan di titik C pada pilar yang menggunakan variasi tirai 3 baris lurus dapat mengurangi gerusan sebesar 92% sedangkan pada tirai 3 baris lengkung mengurangi gerusan sebesar 96%.
Kata Kunci: Pilar, kedalaman gerusan dan pengaman tirai
Penulis: Yoga Putra Pamuncar, Drs. H. Lutjito, MT
Kode Jurnal: jptsipildd170387

Artikel Terkait :