PENERAPAN PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi pada kelas X TKR 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo yang menunjukkan bahwa proses pendidikan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas dan respon siswa terhadap proses pembelajaran rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) sebagai salah satu pemecahan masalah yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaraan berlangsung. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X TKR 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa,dan respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi, angket, dan data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif .
Dari analisis data hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa pada aspek kognitif sebesar 76 meningkat menjadi 80,27 pada siklus II. Aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan dari 71,94 pada siklus I menjadi 83,63 pada II. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 59,49% meningkat menjadi 79,61% pada siklus II, sedangkan hasil respon siswa mendapatkan presentase 83,5%, dan dikategorikan sangat baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray, aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar
Penulis: Wahyu Jaka Pratama, I Made Muliatna
Kode Jurnal: jptmesindd170053

Artikel Terkait :