PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR PADA SISWA KELAS XI TKR SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan pembelajaran model NHT di SMK Patriot Pituruh; 2) mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran Sistem Bahan Bakar di SMK Patriot Pituruh dengan model NHT; 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sistem Bahan Bakar di SMK Patriot Pituruh dengan model NHT.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari “Perencanaan-Tindakan- Pengamatan-Refleksi”. Subyek penelitian 30 siswa kelas XI TKR A. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, dan tes pilihan ganda pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan model kemmis.
Pada penerapan metode NHT ini saat penyajian kelas siwsa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan pemaparan materi karena diberi motivasi dan apersepsi yang mudah dipahami. Selanjutnya saat diskusi kelompok siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan memberi tanggapan pada kelompok lain saat memaparkan jawaban mereka. Penelitian ini mengalami peningkatan keaktifan ratarata siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT pra tindakan 60% yaitu dalam kategori rendah, pada siklus I yaitu dalam kategori sedang, meningkat 72% menjadi 85% siklus II yaitu dalam kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT pra tindakan 61 meningkat 60% menjadi 73 pada siklus I dan meningkat 97% menjadi 85,3 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem bahan bakar di SMK Patriot Pituruh.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Keaktifan, Hasil belajar
Penulis: Wahyu Ramadhi Arif Susanto
Kode Jurnal: jptmesindd160396

Artikel Terkait :