KONTRIBUSI MOTIVASI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X SMK MA’ARIF NU BENER PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK MA’ARIF tahun pelajaran 2011 /2012 baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Jika dilihat dari pengambilan datanya maka penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK MA’ARIF tahun pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Ganda, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dengan taraf signifikasi 5 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,081 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK MA’ARIF dinyatakan diterima, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 3,459 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,001, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK MA’ARIF dinyatakan diterima. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan perhitungan uji-F didapat Fhitung sebesar 27,180 dan Ftabel sebesar 3,95. Selain itu nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Atas dasar tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa, dan dukungan orang tua secara gabungan (simultan) terhadap prestasi belajar dinyatakan diterima.
Kata kunci: motivasi belajar, dukungan orang tua, prestasi belajar alat ukur
Penulis: Edi Gunawan Arif Susanto
Kode Jurnal: jptmesindd170120

Artikel Terkait :