IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X TKR G SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode quantum teaching dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif bagi siswa kelas X TKR G SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR G SMK Pancasila 1 Kutoarjo yang berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan lembar postest. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan rerata.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi menggunakan seal, gasket dan bearing. Rata-rata nilai siswa sebelum memanfaatkan metode quantum teaching adalah 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 64%. Rata-rata nilai siswa setelah memanfaatkan metode quantum teaching siklus I meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66% dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 82 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas X TKR G SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun ajaran 2015/2016 dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum teaching.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Quantum teaching
Penulis: Fani Sanjaya Suyitno
Kode Jurnal: jptmesindd160408

Artikel Terkait :