APLIKASI AUGMENTED REALITY ISTANA KERAJAAN KASEPUHAN DAN KANOMAN CIREBON BERBASIS ANDROID
Abstrak: Ponsel memiliki
sebuah sistem operasi dalam penggunaannya, salah satu sistem operasi yang
sedang meningkat saat ini adalah Android. Jurnal kali ini mengambil materi
pembuatan aplikasi Augmented Reality Berbasis Android. Aplikasi ini berisi
Pengenalan Sejarah Kerajaan di Daerah Cirebon dalam bentuk istana kerajaan
secara tiga dimensi. Augmented Reality ini dibuat dengan menggunakan Software
Unity, sedangkan untuk objek 3Dimensi yang akan ditampilkan pada handphone
dibuat dengan Blender 2.69 dan untuk marker dibuat menggunakan Adobe Photoshop
yang dimanipulasikan sebagai marker. Dalam penulisan ini dijelaskan mengenai
cara membuat objek 3Dimensi yang dibuat dengan Blender 2.69 dan juga tentang
cara pembuatan Augmented Reality menggunakan Unity.
Penulis: Mohamad Saefudin,
Normalisa
Kode Jurnal: jptmesindd160572