ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DAN OVAKO WORKING POSTURE ANALYSIS SYSTEM (OWAS)

ABSTRACT: PT. Mitra Rekatama Mandiri adalah perusahaan yang memproduksi spare part, alat – alat pertanian dan pertambangan.Pada penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis postur pekerja pada para pekerja di bagian devisi pengangkatan cairan logam dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan Ovako Working Posture Analysis (OWAS).
Pengamatan postur tubuh dengan metode RULA skor total divisi pengangkatan cairan logam pada bagian tubuh kanan dan kiri masing-masing memiliki skor total antara lain : Pada pencairan dan peleburan logam bagian tubuh kanan memiliki skor 7 dan bagian tubuh kiri memiliki skor 7. Pada pembuatan cetakan bagian tubuh kanan memiliki skor 7 dan bagian tubuh kiri memiliki skor 7.Pada penuangan cairan logam bagian tubuh kanan memiliki skor 7 dan bagian tubuh kiri memiliki skor 7.Itu menunjukan adanya resiko yang tinggi bagi pekerja, sehingga perlu tindakan secepatnya agar resiko pekerjaan tidak terus berlanjut.
Berdasarkan metode OWAS pada devisi pengangkatan cairan logam, penentuan skor postur kerja pada pencairan dan peleburan termasuk kategori risiko 2 (perlu dilakukan perbaikan), pembuatan cetakan termasuk dalam kategori risiko 2 (perlu dilakukan perbaikan), penuangan cairan logam termasuk dalam kategori risiko 4 (perbaikan perlu dilakukan sekarang juga).
Kata Kunci: Metode Rapid Upper Limb Assessment, Ovako Working Posture Analysis
Penulis: Dircia Fernandes Correia, Muhammad Yusuf, Risma Adelina Simanjuntak
Kode Jurnal: jptindustridd160347

Artikel Terkait :