STUDI TENTANG PENANGANAN SISWA YANG TERLAMBAT TIBA DI SEKOLAH OLEH GURU BK SMA NEGERI 1 GRESIK

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pola keterlambatan siswa SMA Negeri 1 Gresik, (2) faktor penyebab keterlambatan siswa di SMA Negeri 1 Gresik, (3) penanganan konselor terhadap siswa yang datang terlambat, (4) hambatan dalam menangani siswa yang datang terlambat dan upaya konselor menangani hambatan tersebut, (5) persepsi siswa terlambat yang telah mendapatkan penanganan dari konselor,  dan (6) hasil dari penanganan konselor sekolah SMA Negeri 1 Gresik terhadap siswa yang datang terlambat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Dalam penelitian studi kasus ini teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Subjek penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah siswa yang  terlambat datang ke sekolah di SMA Negeri 1 Gresik. Dan diiambil 6 siswa yang terlambat, wawancara oleh 2 Guru BK, dan Kepala Sekolah.
Hasil penelitian yang diperoleh terkait keterlambatan siswa SMAN 1 Gresik sejumlah 6 siswa, dari 6 siswa itu diberi penanganan menggunakan teori behavioristik yang berupa penggunaan rompi kedisiplinan, salat Dhuha dan membaca Alquran bagi yang beragama islam, serta konseling individu dengan guru BK. Dari jangka waktu penelitian 2 bulan, 1 dari 6 siswa mengulangi keterlambatannya. Sehingga siswa yang mengulangi keterlambatannya tersebut diberi penanganan oleh konselor berupa konseling individual dan jika masih mengulanginya lagi hingga dua kali, maka konselor akan memanggil orang tua siswa untuk datang ke sekolah.
Kata Kunci: Studi,  Penanganan, Siswa yang terlambat
Penulis: LAILATUL INSYIROH
Kode Jurnal: jpbkdd170095

Artikel Terkait :