STUDI PENGARUH PENGAMBILAN ANGKA EKIVALEN BEBAN KENDARAAN PADA PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN FLEKSIBEL DI JALAN MANADO – BITUNG

Abstract: Beban as yang berbeda-beda pada masing-masing kendaraan akan menimbulkan tingkat kerusakan yang berbeda-beda pula. Kumulatif beban as tersebut selama umur rencana (Wt18) merupakan salah satu data yang diperlukan dalam perhitungan tebal perkerasan. Semua beban yang diterima oleh struktur perkerasan jalan diekivalenkan kedalam beban as standar. Parameter yang setara dengan beban yang diekivalenkan dengan beban as standar adalah sebesar 8,16 ton (Equivalent Standar Axle Load). Selanjutnya pada metode Bina Marga (1987) menetapkan rumus angka ekivalen berdasarkan sumbu tunggal dan sumbu ganda, sedangkan pada metode NAASRA (1987) selain berdasarkan sumbu tunggal dan sumbu ganda juga didasarkan pada konfigurasi roda kendaraan. Sehingga perhitungan lintas ekivalen kumulatif tentunya berbeda untuk kedua metode tersebut diatas.
Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Manado-Bitung dengan mengambil dua jenis data, yakni data distribusi berat kendaraan yang diperoleh dari jembatan timbang Wangurer dan data survey volume lalulintas. Survey dilakukan pada bulan Juni 2012 dan menghasilkan LHR sebesar 2383 kendaraan yang terdiri dari 32 % kendaraan ringan, 63 % kendaraan bus, dan 5 % kendaraan truk. Perhitungan Lintas Ekivalen Permulaan (LEP) dihitung berdasarkan LHR yang didapat dan angka ekivalen menurut metode Bina Marga maupun metode NAASRA.
Hasil perhitungan menunjukkan perbedaan yang cukup berarti pada perhitungan LEP. Berdasarkan metode Bina Marga LEP sebesar 133,069 ESAL dan berdasarkan metode NAASRA LEP sebesar 215,954 ESAL, atau nilai Wt18 berdasarkan metode NAASRA adalah lebih besar 1,62 kali lipat dari nilai Wt18 berdasarkan metode Bina Marga yang tentunya menghasilkan perhitungan yang berbeda dalam mendesain tebal perkerasan. Namun, berdasarkan nilai LEP tersebut diatas pada kumulatif beban as standar (Wt18) dibawah 670000 ESAL pada metode Bina Marga hasil perhitungan tebal perkerasan adalah relatif sama. Hasil perhitungan tebal perkerasan menunjukkan perbedaan yang cukup berarti pada tebal perkerasan lapisan subbase bila Wt18 lebih besar dari 1000000 ESAL.
Kata Kunci: Angka Ekivalen, Bina Marga, dan NAASRA
Penulis: Soraya Hais Abdillah, M. J. Paransa, Freddy Jansen, Mecky R. E. Manoppo
Kode Jurnal: jptsipildd130587

Artikel Terkait :